Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara Menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Bali dalam peluncuran SIAK Terpusat Dukcapil 2022.


TAPANULI UTARA- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ASNAH ROSLELI SINAGA, SH mengikuti rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan di Bali (08–10 Februari 2022) yang langsung dihadiri oleh Bapak Muhammad Tito Karnavian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)), dan Bapak Zudan Arif Fakrullah selaku Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), juga di hadiri dari beberapa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil antara lain : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Barat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngawi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Acara tersebut mengusung tema 'SIAK TERPUSAT: LAYANAN ADMINDUK DIGITAL DALAM GENGGAMAN' yang diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Rakornas bertujuan untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi antara jajaran Dukcapil pusat dengan daerah., Terpusat",

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian didampingi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat saat pembukaan Rakornas Dukcapil 2022, di Nusa Dua, Bali, Selasa (8/2/2022).
SIAK Terpusat merupakan sistem digitalisasi yang digunakan agar pelayanan Dukcapil dapat terkoneksi daring secara nasional, lebih efisien dari segi sistem keamanan siber dan dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan lebih cepat.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan hadirnya inovasi berupa sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK)) terpusat semakin memudahkan masyarakat mengurus berbagai administrasi kependudukan (adminduk).

Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya mengatakan sebagai syarat utama dalam identitas digital, SIAK terpusat membuat pelayanan adminduk di berbagai daerah, termasuk dalam dan luar negeri dapat diintegrasikan.
“Jadi dengan SIAK terpusat, penduduk di mana pun bisa mengurus layanan dari manapun,” kata Zudan dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) bertajuk “SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital dalam Genggaman, Karena itu, ini sudah menjadi program nasional, untuk 2022 teman-teman tidak perlu bersurat guna meminta menjadi peserta SIAK terpusat, karena pada Tahun 2022, sebanyak 514 kabupaten/kota akan dibuatkan SIAK terpusat semuanya. Inilah komitmen kita yang pertama, ucapnya.”

Ia juga menekankan adaptasi sistem secara digital atau online bukan lagi sebuah pilihan melainkan sebuah kebutuhan.
tidak ketinggalan Mendagri mengatakan, pelaksanaan Rakornas Dukcapil 2022 merupakan suatu langkah yang baik pada awal tahun 2022 sebagai upaya evaluasi apa yang telah dikerjakan serta merencanakan program untuk tahun 2022 dan masa yang akan datang.

maka dengan adanya Peluncuran “Siak Terpusat” dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih berkualitas sehingga masyarakat senang dan berbahagia.

Acara Rakornas sukses dan diselenggarakan dengan baik di tutup Kamis (10/2/2022) oleh Bapak Zudan Arif Fakrullah selaku Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

 

@Dukcapil Bisa.

publikasi: 10/2/2022