Kunjungan Kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di Kabupaten Wonogiri


JAWA TENGAH,- Dalam rangka meningkatkan mutu layanan data dan administrasi kependudukan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Asnah Rosleli Sinaga, SH menugaskan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Poltak Hasibuan, SS untuk “STUDI TIRU INOVASI” daerah ke Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah Yang bertujuan untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi STUDI TIRU INOVASI antara jajaran Kabupaten dalam Peningkatan Inovasi, dimana Kegiatan itu dilaksanakan selasa  (15/02/2022) dipimpin oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Sekda Indra Simaremare, Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan dan beberapa Pejabat teknis OPD di Kabupaten Tapanuli Utara turut menghadiri. 

Dalam sambutannya Bupati Wonogiri saat pembukaan Selasa (15/2/2022).
menyampaikan " Selamat Datang di Kabupaten Wonogiri, semoga penyambutan yang penuh kesederhanaan,tidak mengurangi ikhtiar tali persaudaraan antara Pemerintah Kabupaten  Wonogiri dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.
Semoga ikatan ini menjadikan hubungan antara Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Wonogiri semakin erat pada berbagai aspek dan sendi kehidupan, saling bertukar ilmu dan pengalaman, yang akan memberikan manfaat bagi kedua wilayah. "tuturnya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan menjelaskan berbagai gebrakan dan Inovasi yang dilakukan di Tapanuli Utara mulai dari pengolahan lahan gratis, pengolahan lahan tidur menjadi produktif, peningkatan jalan dengan hotmix, mekanisasi pertanian dan Desa Presisi.

Dikesempatan itu juga mereka mempelajari program Inovasi Aplikasi “Telunjuk Sakti" dalam pelayanan Administrasi Kependudukan  Telunjuk Sakti yang merupakan salah satu inovasi yang merupakan layanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Wonogiri yang menjadi layanan Adminduk dengan cakupan terbesar di seluruh Indonesia, hal ini dibuktikan karena dengan Jari Telunjuk, masyarakat dapat mengajukan permohonan Adminduk dimana petugas dapat melayani aplikasi dalam computer/handphone yang terhubung dalam Sistem Administrasi Kependudukan berbasis Teknologi Informasi (SAKTI) Inovasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan Adminduk agar tidak terjadi antrian panjang, penumpukan berkas, pelayanan lambat, penyelesaian permohonan berdasarkan antrian, banyaknya keluhan masyarakat. (sumber : Paparan Inovasi Kab. Wonogiri)

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan selaku ketua Tim mengatakan "Semoga dengan adanya Kunjungan Kerja ini kami Pemkab Tapanuli Utara dapat termotivasi untuk meningkatkan Inovasi daerah kami." Ujarnya.

dalam kunjungan ini kami memperoleh ilmu yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki kinerja. Semoga dengan inovasi yang dilakukan ini sebagian bisa kita tiru, sebab dengan belajar dari Kabupaten lain dapat menambah ide/gagasan agar inovasi tersebut dapat berkembang."ujar nikson Nababan.

Diakhir katanya Bupati Nikson Nababan menyampaikan “Sangat luar biasa dapat hadir langsung untuk menjalin kebersamaan dan kekerabatan baik secara personal dan pemerintahan,dan saya berterima kasih untuk kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini mempererat silahturahmi Pemkab Taput dan Pemkab Wonogiri secara Kekeluargaan dalam Pemerintahan untuk Peningkatan Inovasi Daerah kita”.ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian Cendramata yang langsung diberikan Pemkab Wonogiri dan Tapanuli Utara._

Editor : Admindisdukpencapil

 

@Dukcapil Bisa.

publikasi: 15/2/2022